Metodologi Ilmu Dakwah

Obyek Material
ž   Obyek material adalah materi yang dikaji
ž  Obyek material ilmu dakwah adalah ajaran Islam
ž  Sumbernya adalah:
• Al-Qur’an
• Al-Hadits
• Pendapat Ulama
ž  Dengan demikian, Ilmu dakwah adalah bagian dari studi Islam (Islamologi)
Obyek Formalž
Obyek formal adalah sudut pandang yang digunakan di dalam mengkaji obyek material
žObyek formal ilmu dakwah adalah
            Cara penyampaian ajaran islam dari seseorang kepada orang lain atau masyarakat agar islam mewujud menjadi jalan hidup bagi manusia atau masyarakat sehingga dapat hidup bahagia dunia dan akhirat
Pendekatan
ž  Pendekatan adalah ilmu atau teori yang digunakan dalam mengkaji sesuatu
ž  Pendekatan ilmu dakwah adalah multidisiplin, yang meliputi
• Ilmu-ilmu keislaman   :
            Ilmu Fiqh, Ilmu Tafsir, Ilmu Hadits, Ilmu Akhlak, dan sebagainya
• Ilmu-ilmu sosial-humaniora
            Sosiologi, Antropologi, Psikologi, Ilmu Politik, dan sebagainya
Metode kajian
ž   Kajian Teks: untuk mengkaji dakwah yang sebaiknya atau semestinya terjadi menurut Al-Qur’an, Al-Hadits, maupun pendapat ulama
ž  Kajian lapangan: untuk mengkaji dakwah yang telah terjadi, sejak masa Nabi Muhammad hingga yang baru saja terjadi saat ini, sebagai bahan kajian dan evaluasi.
ž  Baik kajian teks maupun kajian lapangan mengikuti kaidah-kaidah metodologi ilmu-ilmu lain, sehingga menghasilkan teori-teori untuk dijadikan pelajaran untuk berdakwah pada masa yang akan datang
Hasil Kajian
ž  Untuk pengembangan ilmu-ilmu keislaman
ž  Untuk menjadi bahan belajar bagi para da’i
ž  Untuk perbaikan dakwah masa mendatang
Iklan